Wednesday, September 5, 2012

Taste of College

Yak, akhirnya gue udah resmi jadi mahasiswa sekarang. Hohoho~

Setelah melewati masa" PK2MU dan PK2MaBa yang berat dan penuh perjuangan (halaaah), akhirnya sekarang gue bisa ngerasain gimana rasanya duduk di bangku kuliah :D

Ternyata kuliah itu enak juga.

Udah pake baju bebas, mata kuliah juga gak begitu banyak. Waktu antar matkul juga bisa kepisah jauh banget. Kayak tadi tuh, gue ada kuliah jam 7 sampe jam 9 kurang, dan baru lanjut kuliah lagi jam setengah 4. Yah, kalo soal yang satu ini sih emang rada malesin ya, bikin bolak-balik ke kampus. Secara kemana" itu gue jalan kaki/naik angkot/minta tumpangan sama temen, hohoho. Mana sepeda gue ada di Jakarta pula (di Malang, sepeda = sepeda motor :D). Yah tapi gimana lagi, KTP aja belum punya apalagi SIM. Hayooo nanti ditangkep hahaha.

Buat semester ini, gue kebagian 23 SKS (tadinya 20 tuh...) karena standar SKSnya anak semester 1 ya segitu. Nanti baru boleh nambah matkul pilihan kita sendiri pas semester...2 atau 3 gitu, gue lupa.

Yang paling enak itu, tiap hari gue dapet kenalan dan temen baru terus. Entah itu yang satu prodi, satu fakultas, atau dari fakultas lain. Waaa seru banget deh. Kenalannya juga orang"nya punya asal daerah yang bevariasi banget. Gak cuma dari kota" di Jawa, tapi ada juga yang dari Sumatra dan Kalimantan. Karakternya juga beda". Kebanyakan rame, tapi ada yang pendiem. Ada juga yang awalnya pendiem, tapi lama-kelamaan ternyata orangnya rame :D

Kalo gak enaknya...ya itu, mesti ngemat duit karena gue sekarang jadi anak kos, hahaha. Kalo mau beli sesuatu harus mikir dulu, ngitung dulu. Iyalah ya, secara anak kos kalo gak pinter" ngatur keuangan, bisa" pas akhir bulan mau makan aja susah...

Oiya, di sini gue juga ngalamin sedikit culture shock. Apaan ya bahasa Indonesianya? Gegar budaya ya? Yah itu deh pokoknya! :p

Yang paling ngena itu gara" masalah bahasa. Walaupun gue itu 97% Jawa (sisa 3%nya campur"), tapi gue udah tinggal di Jakarta selama belasan tahun. Gue terbiasa pake 'gue-lo' di Jakarta, tapi di Malang ini pake 'aku-kamu', gak peduli cewek atau cowok (iyalah). Kadang" gue suka keceplosan pake 'gue-lo' sih, tapi sesuai dengan pepatah, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung (eh bener kan ya kayak gitu bunyinya? Hahahaha). Kalo semuanya pake 'aku-kamu', ya ikutin aja. Toh gak ada ruginya :)

Lagian, kayaknya seprodi (atau mungkin sefakultas?) gue yang paling muda. Pas gue nulis ini, gue masih 16 tahun hahaha. Temen" gue udah pada 17 tahun, 18 tahun, 19 tahun. Wah, harusnya gue manggil mereka 'mas' dan 'mbak' ya, haha. Yang bikin gue heran, pada kaget gitu pas tau gue masih 16 tahun. Segitu tuakah wajah gue? :|

Di sini itu juga temen" gue pake bahasa Jawa semua (kecuali kalo lagi di kelas, karena gak mungkin dosen ngejelasin pake Jowo). Bahasa Jawa yang gue tau itu ya...yang dipake kalo ada kumpul" keluarga besar. Itu juga masih nyampur sama bahasa Cirebonan. Sementara, bahasa Jawa di Malang itu lumayan beda. Logatnya aja beda. Jadi gue sering 'lost in translation' kalo temen" gue udah pada ngobrol rame pake bahasa Jawa. Sementara yang lain ngakak, gue cuma bisa cengengesan gak jelas, hehehe.

Yo wis, segini dulu aja deh. Cucian gue yang numpuk udah manggil" (nasib anak kos...) hahaha.

Anisady :)
posted from Bloggeroid

2 comments:

rental mobil disurabaya said...

selamat yah.. >< sudah jadi mahasiswa baru nih..

iklan baris tanpa daftar said...

semangat terus kuliahnya..