Saturday, May 21, 2011

Cek Golongan Darah With @seimosaqua !! (Hayooo Hayoooo)

Sebenernya cek golongan darah ini tugas biologi dari Bu Gaya, gara" kita lagi bahas bab peredaran darah gitu. Ini juga buat yang belum punya kartu golongan darah, atau yang udah punya tapi gak ada RH-nya. Jadi, yang udah punya kartu dan ada RH-nya gak perlu tes lagi. Gue punya sih kartu golongan darah, dari cek darah pas SD dulu. Tapi sialnya, itu kartu gak punya keterangan RH nya!! Jadinya mesti tes lagi deh, huhuhu. Selain kita ngetes darah, kita juga ngerekam kejadiannya, mulai dari pas 'tusuk"an' sampe bagian ngetes darah sama orang labnya

Kita sepakat bakal tes darah bareng di RS Sumber Waras, yang kebetulan tempat nyokapnya Yohana. Kita kumpul dulu di 65 ,trus berangkat kesana dengan kendaraan pribadi aksel : busway!! hahahahahaha. Pas di jalan sih gue gak ngerasa deg"an gimana gitu, cuma rada takut aja. Secara gue ngeri banget sama benda" tajem, kayak gunting, cutter, jarum, dan paling parah ama pisau!! Hm, udah kayak phobia gitu deh. Tapi, pas udah nyampe rumah sakitnya, mendadak gue jadi grogi dan takut banget!!

Pas nyampe, kita disuruh isi formulir gitu, terus dipanggil satu". Gue sempet ngeliat temen" yang lagi di cek darah di dalem dari luar. Jarumnya dimasukin ke alat gitu, alatnya ditempelin ke jari, trus alatnya diteken dan jarumnya keluar. Hm, kayak pulpen gitu deh. Trus ntar darah yang keluar ditampung di plastik kayak sedotan akua gitu. Gue kirain itu jarum gede banget, gataunya sedotan buat nampung darah hahaha. Trus, jarinya ditutup pake kapas beralkohol biar darahnya gak bercecer kemana". Simpel sih, temen" gue yang udah masuk duluan sebelum gue juga bilangnya gak sakit, tapi tetep aja bikin gue sekut!! Dina ama Amrina ampe nangis tuh, hahaha. Trus si Jepri pas selese 'tusuk"an' mukanya pucet. Tapi bilangnya sih gara" bau rumah sakitnya, hehehe.

Gue nyoba nyemangatin diri sendiri, soalnya gue kan mau nyoba ke kedokteran hehe. Hueee tapi tetep aja gue sekut gitu pas jarinya udah dikasih alkohol. Gatau nih, kalo udah mulai di-alkoholin gitu kan berarti tuh jarum udah mau mampir. Akhirnya gue pasrah. Jarum dimasukkin, alatnya dideketin ke jari, dan.....jepret!! Ada rasa sakit sekilas (tapi tajem juga sih) trus jari gue udah berdarah deh!! Hhhh....pas di dalem sih gak begitu sakit, tapi pas udah di luar baru kerasa perih!! Gara" kapas beralkoholnya kali ya?

Abis itu, kita diijinin masuk sedikit" ke dalam lab, buat liat dan ngerekam cara ngecek golongan darahnya. Jadi, di kartu golongan darah itu udah ada 4 lingkaran, masing" udah dikasih tanda gitu. Nah, masing" lingkaran itu bakal ditetesin anti-A, anti-B, anti-AB, sama buat RH, sesuai dengan tandanya. Abis itu, darah yang tadi ditampung di sedotan, ditetesin ke masing" lingkaran. Abis itu diaduk pelan" deh. Nah, lingkaran yang ngalamin aglutinasi, berarti itu golongan darahnya. Misalnya aglutinasi di lingkaran anti-A berarti golongan darahnya A. Anti-B golongan darah B, anti-AB golongan darah AB. Kalo gak mengalami aglutinasi, berarti golongan darahnya O. Wah, gak terlalu ribet juga ternyata. Tapi mesti teliti tuh, jangan sampe lingkaran yang tandanya anti-B malah ditetesin anti-A. Bisa ribet ntar, hehehe.

Akhirnya, setelah ditungguin, kartu golongan darahnya jadi deeehhh!! Golongan darah gue A!! Ada juga yang golongan darahnya O, ada juga yang B. Abis itu, kita sempet makan dulu di rumah sakitnya, trus pulang deh!! Tadinya gue mau ngajakin ke rumah dulu tuh, tapi gak jadi hehehe. Tapi gimanapun juga, hari ini tetep seru!! :D

Thx @seimosaqua !! :)

Anisady

No comments: